remote pc via ponsel

Dimanapun kita berada, kini PC/Notebook di kantor tetap bisa dikendalikan dengan aman. Cukup mudah dengan memanfaatkan fitur remote desktop.

Bagi orang yang gemar ngoprek di PC/notebook mungkin sudah tak asing dengan fitur remote desktop. Tapi bagi yang awam tentu bertanya-tanya, apa sih fungsi remote desktop itu? Remote desktop tak lain adalah fitur yang ada di sistem Microsoft Windows yang memungkinkan komputer di kantor dapat dikendalikan melalui remote desktop jika kita sudah berada di tempat lain. Ini berarti kita bisa mengakses semua aplikasi, file dan jaringan yang ada di kantor selayaknya kita sedang berada di depan komputer kantor.

Dalam ilustrasi, saat meninggalkan komputer di kantor dengan program yang sedang berjalan kita bisa mengakses PC dan bekerja melanjutkan progress file yang sedang berjalan. Hal ini telah menjadi keunggulan fitur pada smartphone terbaru l-mate Ultimate 8150 yang berbasis Windows Mobile 6 Profesional.

Mangga Dua Cellular menguji salah satu PC/notebook di redaksi yang menggunakan Windows XP Profesional untuk dikendalikan l-mate Ultimate 8150. Begitu terhubung, secara otomatis Remote Desktop mengunci komputer, sehingga orang lain di kantor tidak bisa mengakses program dan file ketika komputer kita tinggalkan. Nah jika kita kembali ke kantor untuk dapat membuka komputer cukup dengan menekan CTRL+ALT+DEL. Tapi yang perlu diingat adalah jangan pernah berbagi password untuk akses komputer kita. Syarat agar komputer kita bisa dikendalikan, harus berada pada jaringan LAN dan terhubung ke internet. Begitu pula di sisi perangkat pengendalinya, dalam hal ini smartphone bisa terhubung ke internet melalui hotspot WiFi ataupun jaringan GPRS/3G/HSDPA operator selular.

remote desktop

Fitur ini akan berguna jika dalam keadaan tertentu harus segera meninggalkan kantor, namun pekerjaan penting harus tetap dilanjutkan. Apalagi dipermudah hanya dengan perangkat smartphone yang mudah dibawa kemana-mana.

0 Comments