HITECH H61 DOUBLE X

“Kali ini desain ponsel merek Hitech berseri H61 hadir dengan desain asli tim R&D Hitech. Balutan warna hitam dominan membuatnya terkesan kokoh dan elegan”

Terlihat bongsor. Itulah body ponsel Hitech H61. Berjuluk Double X, seri ini memang hadir sebagai ponsel TV tuner dengan dual on GSM. Namun buat yang pertama kali memegangnya terutama mengoperasikan keypadnya, kebongso-rannya langsung terobati. Pasalnya jajaran keypadnya berukuran besar dan nyaman dipencet.

Layarnya berukuran 2,8 Inci dengan kedalaman warna 262 ribu warna. Dengan layar selebar itu, pengguna akan melihat siaran TV yang cukup besar untuk ukuran layar sebuah ponsel. Di bandrol dengan harga 2 jutaan, ponsel ini tidak dibekali teknologi layar sentuh layaknya ponsel-ponsel Cina lainnya. Namun demikian, pengoperasiannya tidak begitu sulit dan tergolong ramah untuk pengguna. 3

USB Port

Slot USB menjadi andalan untuk koneksi ke perangkat lain misalkan PC atau notebook. Slot ini juga berfungsi untuk mengkoneksi ke listrik guna menambah tenaga baterai alias charging. Di sebelah slot USB ada slot untuk headset guna mendengarkan musik dan mendengar siaran TV yang ditampilkan di layar. Hal ini sangat perlu agar orang di sekeliling tidak merasa terganggu.

  • Pengujian : Dihubungkan dengan PC, melakukan charging dan mendengarkan musik lewat headset.
  • Catatan : Sangat aman karena saat tidak digunakan, slot ditutup dengan penutup berbahan karet.

KONEKTIVITAS

Mengandalkan koneksi kabel dan bluetooth, tidak begitu jadi masalah buat ponsel ini bila hendak bertukar data ke perangkat lain termasuk PC. Proses pemindahan data dari ponsel ke PC atau sebaliknya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

  • Pengujian : Memindahkan file gambar dari ponsel ke notebook
  • Catatan : Hadir tidak disertai infrared

Memory

Memori internalnya sangat terbatas yakni sebesar 784 Kb. Tapi pabrikannya menyediakan slot memori eksternal berjenis micro SD dengan kapasitas hingga 2 Gb. Tentunya dengan fasilitas memori eksternal, kita tidak perlu lagi bingung akan keterbatasan memori.

  • Pengujian : Menyimpan foto dan video hasil bidikan kamera
  • Catatan : Memori tidak hot swap, jadi mesti mematikan ponsel dan melepas baterai dulu.

DESAIN

Cukup ergonomis. Berbalut warna hitam dengan list stainless nampak ponsel ini tampil eksklusif. Antenna TV berada di bagian bawah kanan ponsel. Di bagian belakangnya terdapat tonggak penyangga agar ponsel bisa bersandar saat kita mengoperasikan siaran TV. Hal ini dibuat supaya kita lebih nyaman menonton siaran TV

  • Pengujian : Mengoperasikan siaran TV dengan memaksimalkan fungsi tonggak di belakang ponsel.
  • Catatan : Terlihat sangat kokoh karena berukuran cukup besar

LAYAR

Layarnya tergolong lebar dengan ukuran 2,8 inci cukup nyaman untuk sebuah ponsel. Apalagi untuk menonton siaran TV. Teknologi layar warna TFT berkedalaman 262 ribu warna memang masih kurang untuk tampilan siaran TV. Tapi untuk di kelasnya, kualitas tersebut bisa dibilang cukup.

  • Pengujian : menampilkan siaran TV dan mengambil gambar foto.
  • Catatan : Akan lebih tajam bila mengandopsi layar warna 16 juta

Kamera

Kualitas kameranya hanya 1,3 Megapixel.

Namun fitur yang ada di dalamnya tergolong komplet. Ada fitur editing foto dan berbagai pengaturan untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik. Hasil bidikan kameranya bisa disimpan ke dalam memori eksternal agar memori internal tidak terganggu dan membuat kinerja ponsel lemot.

  • Pengujian : Mengabdikan gambar dalam ruangan dan luar ruangan
  • Catatan : Tidak disertakan lampu tambahan alias flash

KEYPAD

Kenyamanan pengoperasian ponsel ini bisa kita rasakan saat mengotak-atik keypadnya. Ukuran keypadnya tergolong besar dan di atas rata-rata keypad-keypad ponsel pada umumnya. Posisi keypad numerik dan alphabet tidak ada yang aneh alias sama persis dengan keypad ponsel lainnya. Ada tombol pengatur empat arahnya dan tombol enter di tengah-tengah. Sementara untuk memilih kartu GSM mana yang akan digunakan, pabrikannya menyediakan dua tombol dengan inisial G1 dan G2. Posisinya ada di kanan dan kiri bagian atas.

  • Pengujian : Mengoperasikan keypad dengan menulis SMS cepat dan keluar masuk fitur
  • Catatan : Tombol berwarna hijau, hanya berfungsi untuk melakukan paggilan kartu GSM 1. Jadi untuk menggunakan kartu GSM 2, Anda mesti memaksimalkan menggunakan tombol G2.

INTERNET

Ada fasilitas GPRS yang dibenamkan di ponsel ini untuk berselancar ke dunia maya. Untuk mengaktifkan GPRS, terlebih dahulu kita mesti melakukan setting dan memasukkan beberapa parameter-parameter yang ada dan disesuaikan dengan operator yang digunakan. Ponsel ini juga telah menyertakan setting otomatis dengan cara memilih jenis operator yang kita gunakan.

Pengujian : Masuk ke situs mangga dua cellular dan detik.com berjalan dengan baik.

0 Comments